Home » Kesehatan Tubuh » Kesehatan Kulit » Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Ilustrasi buah naga merah yang kulit nya memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan (Foto : mysugarnspice.net)

Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kulit Buah Naga – Berdasarkan uji klinis, ternyata kulit buah naga memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kulit buah naga merah misalnya, berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan kulit buah naga merah ini mengandung efek anti oksidan, anti bakteri, anti virus, dan anti mikroba. Kandungan zat gizi dan khasiat kulit buah naga tidak cuma itu, masih ada manfaat kulit buah naga yang lain dibidang kesehatan dan kecantikan. Penasaran? Yuk simak penjelasan singkat berikut tentang 4 manfaat kulit buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang penting untuk diketahui.

1. Menjaga Kelenturan Pembuluh Darah

Manfaat kulit buah naga untuk kesehatan dan kecantikan yang pertama adalah untuk menjaga kelenturan pembuluh darah. Memiliki pembuluh darah yang fleksibel alias lentur sangatlah penting untuk menghindari terjadinya pembuluh darah yang pecah akibat aliran tekanan darah yang tinggi dari jantung. Nah, dalam kulit buah naga terkandung dua senyawa aktif yang disebut pentacyclic triyepene taraxast 20ene 3aol dan juga taraxast 12,20(30)dien 3aol. Kedua senyawa ini sangat ampuh dalam menjaga serta melindungi kelenturan pembuluh darah.

Keampuhan senyawa yang ada pada kulit buah naga ini, bahkan, telah menyamai kepopuleran obat Troxerutin yang telah dikenal sebagai obat berbahan kimia yang digunakan untuk melindungi pembuluh darah mikro. Obat ini banyak beredar di pasaran dan populer digunakan untuk mengurangi potensi pecahnya pembuluh darah. Dengan ditemukannya kandungan pada kulit buah naga ini, tentu saja akan menjadi alternatif alami untuk mencegah pecahnya pembuluh darah. Kulit buah ini akan menjadi obat alami yang lebih sehat dan alami, serta diharapkan bisa mengurangi asumsi obat berbahan dasar kimia.

Lalu, apa manfaat kulit buah naga untuk kecantikan? Pembuluh darah yang sehat dan elastis tentu akan memperlancar suplai nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh termasuk kulit dan rambut. Dengan demikian, secara tidak langsung kulit buah naga ini memiliki manfaat untuk kecantikan tubuh yang meliputi kulit dan rambut.

2. Mendeteksi Bahan Pengawet Berbahaya Dalam Makanan Seperti Boraks Dan Formalin

Baru-baru ini, telah ditemukan fakta baru tentang manfaat buah naga untuk kesehatan makanan terutama sebagai indikator bahan pengawet berbahaya dalam makanan. Dua jenis zat pengawet makanan yang sudah dinyatakan berbahaya untuk kesehatan jika digunakan adalah formalin dan boraks. Bahan pengawet ini memang sejatinya bukan digunakan untuk makanan namun untuk mengawetkan mayat.

Nah, kulit buah naga bisa digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya kedua zat berbahaya tersebut dalam makanan. Pertama-tama, Anda bisa potong kulit buah naga ke dalam beberapa bagian dan rendam bersama air tawar yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Kemudian, Anda tunggu beberapa saat hingga air rendaman berubah menjadi merah. Setelah itu, ambil tissue dan celupkan ke dalam air rendaman. Anda bisa tempelkan tissue yang sudah dicelup pada makanan yang akan diuji.

Biarkan tissue menempel pada makanan selama kurang lebih sepuluh menit. Apabila tissue memberikan warna merah yang lebih lama, tandanya makanan yang diuji mengandung formalin ataupun boraks. Namun apabila tissue berangsur-angsur memudar menjadi warna putih, maka makanan yang diuji tidak mengandung formalin atau pun boraks. Cukup mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*