Home » Berita Kesehatan » Mengenal Penyakit MERS Dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi penggunaan masker sebagai salah satu cara mencegah penularan penyakit MERS atau MERS-Cov (Foto : cbc.ca)
Ilustrasi penggunaan masker sebagai salah satu cara mencegah penularan penyakit MERS atau MERS-Cov (Foto : cbc.ca)

Mengenal Penyakit MERS Dan Cara Mencegahnya

Penyakit MERS – Info kesehatan kali ini akan mengulas tentang penyakit MERS yang sering disebut juga MERS-Cov. Penyakit MERS akhir-akhir ini menggegerkan Timur Tengah dan dunia pada umumnya, terakhir Korea Selatan telah melaporkan ada warga negaranya meninggal karena terjangkit Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Mungkin sudah puluhan orang meninggal karena penyakit ini. Nah, tahukah Anda apa itu sebenarnya penyakit MERS? Simak ulasan singkat dari Nuansa Pagi berikut ini tentang MERS.

Pengertian dan Gejala Penyakit MERS atau MERS-Cov

Penyakit MERS adalah penyakit sindrom pernapasan yang disebabkan oleh virus Corona yang menyerang saluran pernapasan mulai dari yang ringan sampai dengan berat. Gejala penyakit MERS antara lain demam, batuk dan sesak nafas, bersifat akut, biasanya pasien memiliki penyakit komorbid. MERS merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome.

Ada 9 negara yang telah melaporkan kasus MERS CoV (Perancis, Italia,Jordania, Qatar, Arab Saudi, Tunisia, Jerman, Inggris dan Uni Emirat Arab). Semua kasus berhubungan dengan negara di Timur Tengah (Jazirah Arab), baik secara langsung maupun tidak langsung.

Penyebab Penyakit MERS atau MERS-Cov

Penyebab penyakit MERS adalah virus corona yang disebut MERS–Cov. MERS-Cov merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus corona, maka penyakit MERS disebut juga penyakit MERS-Cov. Virus ini merupakan jenis baru dari kelompok Corona virus (Novel Corona Virus). Virus ini pertama kali dilaporkan pada bulan September 2012 di Arab Saudi. Virus SARS tahun 2003 juga merupakan kelompok virus Corona dan dapat menimbulkan pneumonia berat akan tetapi berbeda dari virus MERS Cov.

Cara Penularan Penyakit MERS atau MERS-Cov

Virus ini dapat menular antar manusia secara terbatas, dan tidak terdapat transmisi penularan antar manusia yang berkelanjutan. Kemungkinan penularannya dapat melalui :

  • Langsung : melalui percikan dahak (droplet) pada saat pasien batu atau bersin.
  • Tidak Langsung : melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus.

Cara Mencegah Penyakit MERS atau MERS-Cov

Belum ada vaksin yang tersedia untuk penyakit MERS. Pengobatan anti viral yang bersifat spesifik belum ada, dan pengobatan yang dilakukan tergantung dari kondisi pasien. Cara mencegah penyakit MERS diantaranya dapat dilakukan dengan :

  1. PHBS (pola hidup bersih dan sehat).
  2. Menghindari kontak erat dengan penderita. Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit, misalnya ciuman atau penggunaan alat makan/minum bersama.
  3. Menggunakan masker.
  4. Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. Bersihkan menggunakan desinfektan untuk membersihkan barang-barang yang sering disentuh.
  5. Menerapkan etika batuk ketika sakit. Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk ataupun bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah.
  6. Segera mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan apabila mengalami gejala demam, batuk, dan kesulitan bernapas (sesak napas, atau napas pendek).
  7. Melindungi diri dan orang lain dari penyebaran kuman-kuman serta penyakit yang menyerupai influenza.

Ada baiknya Anda kenali gejala-gejala infeksi virus korona, seperti batuk, demam, hidung dan tenggorokan terasa mampat, dan sesak napas. Dalam beberapa kasus ada yang disertai diare. Dan dalam kasus-kasus yang lebih serius, penderita bisa mengalami komplikasi serius seperti gejala gangguan pernapasan (pneumonia) hebat yang berujung kematian. Jika timbul sakit dengan gejala penyakit seperti influenza, maka bila memungkinkan tunda bepergian. Sekian info kesehatan kali ini tentang penyakit MERS atau MERS-Cov, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>