Home » Kesehatan Wanita » 5 Penyebab Bau Tak Sedap Pada Miss V Wanita Yang Wajib Diketahui

5 Penyebab Bau Tak Sedap Pada Miss V Wanita Yang Wajib Diketahui

Penyebab bau tak sedap pada Miss V – Info kesehatan wanita kali ini akan berbagi tentang beberapa hal penyebab bau tak sedap pada Miss V. Memilki aroma tidak sedap pada organ kewanitaan merupakan salah satu masalah yang cukup meresahkan para wanita. Secara langsung, hal ini berpengaruh kepada rasa percaya diri dan juga penampilan.

Tak heran, banyak para wanita yang berusaha untuk senantiasa menjaga keharuman area kewanitaannya tersebut. Tetapi pernahkah Anda berpikir, apa yang menyebabkan vagina mengeluarkan aroma tidak sedap? Dilansir dari detik dan berbagai sumber, berikut 5 penyebab bau tak sedap pada Miss V wanita.

Penyebab-Bau-Miss-V

Ada banyak faktor penyebab bau tak sedap pada Miss V yang perlu wanita ketahui (Foto : moment2infinity.com)

Penyebab Bau Tak Sedap Pada Miss V Wanita Yang Wajib Diwaspadai

1. Infeksi

bakteri-penyebab-infeksi

Ilustrasi bakteri penyebab infeksi pada vagina dan organ lainnya (Foto : rhizomananopropolis.com)

Penyebab bau tak sedap pada Miss V yang pertama adalah karena infeksi. Dijelaskan oleh dr. Rajiv Gala, M.D dari American College of Obstetricians and Gynecologists, infeksi menjadi salah satu akar permasalahan timbulnya aroma tak sedap pada vagina.

Infeksi yang sering terjadi pada organ intim wanita adalah bacterial vaginosis, yakni infeksi terjadi akibat ketidakseimbangan bakteri jahat yang jumlahnya lebih besar dari bakteri baik. Infeksi ini memiliki aroma yang ‘kuat’ seperti bau amis pada ikan.

2. Celana Terlalu Ketat

celana-terlalu-ketat

Celana terlalu ketat pada wanita (Foto : makassar.tribunnews.com)

Penyebab bau tak sedap pada Miss V yang kedua adalah penggunaan celana yang terlalu ketat. Mengenakan celana yang terlalu ketat dapat membuat keringat dan bakteri ‘terperangkap’ di dalam kulit sehingga menghasilkan aroma tak sedap pada miss v. Dr. Rajiv menyarankan untuk menggunakan celana dari bahan katun yang lebih menyerap keringat dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca Juga : 11 Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita Secara Alami

3. Obesitas

obesitas-pada-wanita

Ilustrasi kenaikan berat badan berlebih atau obesitas pada wanita (Foto : menudietcepatdansehat.com)

Obesitas juga termasuk salah satu penyebab bau tak sedap pada Miss V wanita. Kelebihan berat badan menyebabkan kulit yang berlebih membentuk lipatan-lipatan pada area tubuh, termasuk juga di daerah paha bagian dalam. Jika hal ini terjadi, akibatnya keringat tidak bisa keluar dan akan ‘terjebak’ pada lipatan kulit tersebut sehingga menimbulkan aroma yang kurang menyenangkan.

4. Menstruasi

menstruasi

Ilustrasi menstruasi pada wanita (Foto : shutterstock)

Menstruasi ternyata bisa berperan sebagai penyebab bau tak sedap pada Miss V. Aroma pada vagina juga bisa berubah seiring dengan siklus menstruasinya. Saat menstruasi, wanita mengenakan pembalut untuk menampung darah haidnya. Jika pembalut tersebut terlalu lama diganti, maka tak heran miss v mengeluarkan aroma tak sedap.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Miss V

5. Penyebab Lain

keringat-berlebih-pada-wanita

Ilustrasi keringat yang berlebihan pada wanita (Foto : shutterstock)

Satu dari sepertiga wanita yang memiliki aroma tak sedap pada vaginanya, memiliki beberapa penyebab lain yang bukan berasal dari infeksi. “Ada beberapa hal seperti keringat berlebih, sembelit kronis, kebocoran urin, dan kebersihan yang tidak terjaga yang dapat menyebabkan vagina memiliki aroma tidak sedap. Namun hal ini tidak membahayakan.

Bagaimana sekarang? Sudah tahu kan apa saja yang bisa menyebabkan bau tak sedap pada Miss V? Jadi, mulai sekarang hindarilah hal-hal yang bisa mengakibatkan kewanitaan Anda berbau tidak sedap. Sekian sekilas info kesehatan wanita tentang 5 penyebab bau tak sedap pada Miss V, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*