Home » Kesehatan Ibu Hamil » Penyebab Dan Cara Mengatasi Punggung Sakit Saat Hamil

Penyebab Dan Cara Mengatasi Punggung Sakit Saat Hamil

Punggung Sakit Saat Hamil – Sakit punggung saat hamil merupakan salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Sakit punggung atau nyeri punggung saat hamil sebenarnya bisa menjadi pertanda bagus, yakni bahwa janin dalam rahim sedang tumbuh. Semakin janin bertambah besar, maka beban pada punggung juga makin besar.

Nah, umumnya, para ibu hamil di paruh kedua kehamilannyalah yang sering menyampaikan keluhan sakit punggung. Lalu, apa penyebab sakit punggung saat hamil sesungguhnya? Bagaimana cara mengatasi sakit punggung saat hamil? Simak ulasan Nuansa Pagi berikut tentang penyebab punggung sakit saat hamil dan cara mengatasinya.

punggung-sakit-saat-hamil

Ilustrasi punggung sakit saat hamil pada wanita (Foto : backandneck.ca)

Penyebab Sakit Punggung Saat Hamil

Sakit punggung saat hamil biasanya terjadi ketika panggul bertemu dengan tulang belakang, yakni di sendi sacroiliac. Ada banyak kemungkinan mengapa punggung terasa sakit dan nyeri saat hamil. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Bertambahnya Berat Badan

penyebab-sakit-punggung-saat-hamil

Salah satu penyebab sakit punggung saat hamil adalah berat badan bertambah (Foto : realpregnancysigns.com)

Selama kehamilan, umumnya perempuan bertambah berat badannya antara 11 hingga 15 kg. Akibat berat badan yang bertambah, maka beban tulang belakang juga bertambah sehingga dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Berat janin dan rahim yang bertambah juga membuat tekanan pada pembuluh darah dan saraf di panggul dan punggung. Ini merupakan salah satu penyebab punggung sakit saat hamil.

2. Perubahan Postur

postur-tubuh-wanita-hamil

Ilustrasi postur tubuh wanita hamil (Foto : mommyish.com)

Penyebab kedua punggung sakit saat hamil adalah perubahan postur. Kehamilan membuat pusat gravitasi pada ibu hamil berubah ke arah depan, seiring dengan perut yang semakin membuncit. Hal ini menyebabkan postur tubuh berubah. Akibatnya adalah nyeri atau ketegangan di punggung pun terjadi pada wanita hamil.

Baca Juga : 7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Pada Wanita Hamil

3. Perubahan Hormon

relaxin-hormon

Foto : momjunction.com

Penyebab ketiga punggung sakit saat hamil adalah perubahan hormon. Selama kehamilan, tubuh memproduksi hormon relaksin yang membuat memungkinkan ligamen di daerah panggul untuk bersantai dan sendi menjadi lebih longgar. Ini merupakan persiapan proses kelahiran. Hormon ini juga bisa menyebabkan ligamen yang mendukung tulang belakang jadi lebih longgar, sehingga menyebabkan ketidakstabilan dan munculnya rasa nyeri.

4. Pemisahan Pada Otot

pemisahan-otot-saat-hamil

Ilustrasi pemisahan otot saat kehamilan (Foto : slideshare.net)

Penyebab punggung sakit saat hamil berikutnya adalah pemisahan pada otot. Karena rahim membesar, dua otot paralel (otot abdominis dubur) yang berjalan dari tulang rusuk ke tulang kemaluan, dapat memisah. Pemisahan ini dapat memperburuk sakit punggung.

5. Stres

stress-saat-hamil

Ilustrasi stress saat hamil (Foto : webpsychology.com)

Faktor kelima penyebab punggung sakit saat hamil adalah stres. Kondisi emosional dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung. Inilah yang kemudian dirasakan sebagai nyeri punggung. Bisa jadi saat ibu hamil stres, dia merasakan peningkatan rasa sakit di punggungnya.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Flu Pada Ibu Hamil Secara Alami

Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Jika Anda punya sakit punggung kronis yang dirasakan sebelum hamil, rasa sakit itu akan berkurang secara bertahap sebelum Anda melahirkan. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri punggung saat hamil yang bisa meringankan keluhan punggung sakit saat hamil.

1. Olahraga

olah-raga-wanita-hamil

Ilustrasi olah raga untuk wanita hamil (Foto : wellroundedny.com)

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang pertama adalah olahraga. Olahraga teratur bisa memperkuat dan meningkatkan fleksibilitas otot. Aktivitas ini juga bisa mengurangi stres pada tulang belakang Anda. Jenis olahraga yang aman untuk kebanyakan perempuan hamil yakni jalan kaki, berenang, dan bersepeda statis. Dokter atau ahli terapi fisik dapat merekomendasikan jenis latihan lainnya untuk memperkuat punggung dan perut sehingga dapat mengurangi keluhan punggung sakit saat hamil.

2. Kompres Panas Dan Dingin

kompres-panas-dingin

Ilustrasi kompres panas dingin di punggung (Foto : id.theasianparent.com)

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil yang kedua adalah dengan kompres panas dan dingin. Kompres panas dan dingin di punggung juga bisa meringankan nyeri yang Anda alami. Caranya adalah letakkan kompres dingin, seperti handuk berisi es atau sayuran beku, lalu tempelkan di daerah yang sakit selama 20 menit.

Lakukan beberapa kali dalam sehari. Setelah melakukan kompres semacam itu 2-3 hari, beralihlah ke kompres panas. Caranya adalah dengan menempelkan bantal pemanas atau botol berisi air panas di daerah yang sakit. Kompres panas dan dingin ini diyakini bisa meredakan punggung sakit saat hamil.

3. Memperbaiki Postur

Posisi-tidur-ibu-hamil

Ilustrasi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil (Foto : momjunction.com)

Membungkuk membuat tulang belakang Anda menjadi tegang. Karena itu jagalah postur tubuh yang tepat saat bekerja, duduk, atau tidur. Misalnya, tidurlah miring dengan meletakkan bantal di antara lutut. Hal ini akan mengurangi stres di punggung Anda. Ketika duduk, Anda juga bisa menaruh handuk yang digulung di belakang punggung agar bisa memberi dukungan pada punggung.

Selain itu ada baiknya juga mengistirahatkan kaki dengan menempatkan kedua kaki Anda di setumpuk buku atau bangku dan duduklah dengan tegak. Ini merupakan salah satu cara mengatasi punggung sakit saat hamil.

Baca Juga : 6 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

4. Konsultasi

konsultasi-dengan-dokter

Ilustrasi wanita hamil konsultasi dengan dokter ahli (Foto : shutterstock.com)

Punggung sakit saat hamil bisa juga karena stres. Jika sakit punggung terkait dengan stres, berbicaralah dengan teman yang dipercaya atau berkonsultasi dengan ahli yang dapat membantu.

5. Akupunktur

akupuntur-wanita-hamil

Ilustrasi akupuntur untuk wanita hamil (Foto : amazine.co)

Terakhir, cara mengatasi sakit punggung saat hamil adalah melalui akupuntur. Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur efektif mengurangi nyeri punggung bagian bawah selama kehamilan. Sebelum melakukannya, konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Cara Menghindari Atau Mencegah Sakit Punggung Saat Hamil

cara-mencegah-sakit-punggung-saat-hamil

Ilustrasi cara mencegah sakit punggung saat hamil dengan mengatur posisi duduk tegak menggunakan bantalan (Foto : hamilsehats.com)

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah sakit punggung saat hamil. Beberapa hal yang bisa diterapkan antara lain seperti yang dikutip dari NHS berikut ini:

  • Hindari mengangkat benda yang berat.
  • Tekuk lutut dan menjaga punggung tetap lurus saat mengangkat atau mengambil sesuatu dari lantai.
  • Gunakan kaki ketika Anda ingin berbalik untuk menghindari tulang belakang memutar.
  • Memakai sepatu yang datar sehingga memungkinkan penyebaran beban berat badan Anda menjadi lebih merata.
  • Saat membawa tas belanjaan, upayakan seimbang dalam membawanya. Bagilah beban di kedua tangan.
  • Duduk dengan punggung lurus dan pastikan menggunakan dukungan punggung seperti bantal atau handuk yang digulung.
  • Pastikan Anda istirahat cukup.
  • Memijat punggung dengan lembut juga dapat membantu menghindari nyeri.

Dengan mengindari aktivitas atau pun hal-hal lain yang menyebabkan sakit punggung saat hamil maka Anda akan terhindar dari nyeri punggung. Mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati bukan? Demikian info kesehatan ibu hamil tentang penyebab dan cara mengatasi punggung sakit saat hamil, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*