Home » Kesehatan Tubuh » Kesehatan Mulut » Tips Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Paling Ampuh

Tips Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Paling Ampuh

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa – Saat berpuasa pastinya Anda tidak akan terlepas dari masalah bau mulut. Untuk mengatasi bau mulut, Anda memerlukan beberapa tips mencegah bau mulut saat puasa. Bau mulut termasuk masalah yang perlu diatasi saat berpuasa karena membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika berbicara. Betapa nikmatnya bila Anda dapat berpuasa sekaligus terbebas dari bau mulut yang tidak sedap.

Faktor Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Sebelum mencari tahu cara mengatasi bau mulut saat puasa, Anda perlu tahu mengapa mulut cenderung berbau tak sedap saat berpuasa. Bau mulut saat puasa umumnya akibat adanya masalah pada gigi dan rongga mulut. Karena itu, untuk mengatasinya, kebersihan gigi dan mulut harus menjadi perhatian tersendiri. Namun, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut saat berpuasa, yaitu :

penyebab-bau-mulut-saat-puasa

Ilustrasi penyebab bau mulut saat puasa (Foto : m.republika.co.id)

1. Produksi Air Liur Berkurang

Bau mulut atau disebut juga dengan istilah medis halitosis, umumnya terjadi karena tidak adanya aktivitas mengunyah selama 12 jam lebih sehingga air liur pun ikut berkurang. Dalam keadaan normal, jumlah produksi air liur sekitar 1-1,5 liter setiap harinya. Air liur ini berguna untuk mengalirkan bakteri penyebab penyakit ke dalam kerongkongan dan terbawa ke dalam saluran pencernaan.

Bakteri ini berasal dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut. Ketika produksi air liur menurun, tentu saja bakteri tersebut makin lama mendekam di mulut sambil menebarkan bau tak sedap.

2. Rongga Mulut Dan Gigi Yang Tidak Sehat

Keadaan rongga mulut yang berpotensi untuk menimbulkan bau mulut adalah adanya karies atau gigi berlubang atau adanya sisa akar gigi, karang gigi, peradangan pada gusi (gingivitis), atau penggunaan gigi palsu yang tidak benar. Oleh karena itu, masalah seputar gigi dan rongga mulut yang semestinya diobati untuk mengatasi bau mulut.

Rongga mulut dan gigi yang tidak sehat tentu mengandung banyak bakteri. Bakteri inilah yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.

Baca Juga : 10 Tips Cara Menjaga Kesehatan Saat Puasa

3. Zat Sisa Hasil Pembakaran Lemak

Saat berpuasa otomatis kita kurang mengonsumsi karbohidrat dan cadangan makanan dalam tubuh berkurang. Karena kekurangan karbohidrat, tubuh akan membakar lemak sebagai energi. Proses pemecahan lemak tinggi menghasilkan ketone. Zat inilah yang yang membuat bau mulut.

4. Gangguan Organ Dan Penyakit

Organ yang bisa menjadi penyebab bau mulut yang tak sedap, antara lain kelainan pada THT, organ paru dan saluran pencernaan serta gangguan pada liver. Kanker pada saluran cerna juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Penyakit lain yang dapat menyebabkan bau mulut, dia menyebutkan, antara lain penyakit kencing manis dengan gula darah yang tidak terkontrol.

Adapun gangguan paru yang terjadi yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap, antara lain karena infeksi paru, baik akut maupun kronik. Kelainan pada sinus berupa sinusitis juga menyebabkan timbulnya bau mulut tak sedap. Sementara itu, kelainan yang terjadi pada saluran cerna yang bisa menyebabkan bau mulut, antara lain radang pada kerongkongan (GERD), tukak pada lambung atau usus dua belas jari dan radang lambung karena oleh kuman Helicobacter pylori.

10 Tips Dan Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa Paling Ampuh

Bau mulut kerap membuat seseorang tidak percaya diri. Nah, pada saat berpuasa, utamanya ketika mulut kering, haliosis alias bau mulut sangat mudah menyerang. Dilansir dari berbagai sumber, simak 10 tips cara mengatasi bau mulut saat puasa berikut.

1. Menjaga Kebersihan Rongga Mulut Dan Gigi

cara-mengatasi-bau-mulut-saat-puasa

Cara mengatasi bau mulut saat puasa dengan menggosok gigi (Foto : menshealth.com)

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang pertama adalah memelihara kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka. Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur. Selalu gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

Gunakan obat kumur (mouthwash) yang halal untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal. Menjaga kebersihan rongga mulut penting dilakukan sebagai salah satu cara mengurangi bau mulut saat puasa dan untuk mengatasi sakit gigi.

2. Memperbanyak Minum Air Putih Saat Saur Dan Buka Puasa

Air-Putih

Air Putih (Foto : loop.co.id)

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang kedua adalah memperbanyak minum air putih. Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat membantu mencegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut terjaga kebersihannya.

3. Minum Teh Hijau Tanpa Gula Saat Sahur Dan Berbuka Puasa

teh-hijau

Ilustrasi Teh Hijau (Foto : marinecatering.com)

Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka termasuk salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa. Teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.

Baca Juga : 9 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Puasa

4. Mengkonsumsi Yoghurt

Yogurt

Yogurt (Foto : fitnessgalore.net)

Sebuah penelitian terbaru menemukan, makan yoghurt setiap hari dapat mengurangi tingkat penyebab bau mulut. Hal ini karena yoghurt dapat menyingkirkan bakteri. Plak pada mulut serta penyakit gusi juga bisa berkurang. Yoghurt mengandung probiotik yang akan mengisi sistem pencernaan dan menjaga lambung.

Sebaiknya, pastikan yoghurt yang dikonsumsi tidak memiliki rasa dan tanpa gula (plain yoghurt). Dengan mengkonsumsi yogurt, maka bau mulut Anda akan bisa diatasi. Yogurt juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat membandel.

5. Menghindari Mengkonsumsi Makanan Yang Berbau Tidak Sedap

Petai

Ilustrasi Petai, salah satu makanan berbau tak sedap yang harus dihindari saat puasa (Foto : iberita.com)

Ada beberapa contoh makanan yang bisa membuat munculnya bau mulut, antara lain durian, petai, dan jengkol. Ada baiknya makanan ini tidak dikonsumsi saat sahur sebagai salah satu cara agar tidak bau mulut saat puasa. Meskipun Anda sangat menyukai makanan tersebut, ada baiknya menghindarinya selama bulan puasa Ramadhan. Mencegah bau mulut saat puasa lebih baik dari pada mengobatinya.

6. Makan Makanan Yang Kaya Akan Vitamin C

manfaat-buah-jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah bau mulut (foto : topfoodfacts.com)

Cara mengatasi bau mulut saat puasa berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Jeruk, melon dan stroberi merupakan makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C akan membuat bakteri tidak hinggap di mulut. Vitamin ini juga bagus dikonsumsi agar terhindar dari penyakit gusi yang juga menjadi penyebab bau mulut.

Sebaiknya konsumsi vitamin C dari makanan bukan suplemen. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi suplemen vitamin C dapat menganggu pencernaan. Tentunya ketika pencernaan terganggu maka akan berpengaruh pada aroma mulut yang tidak sedap. Jadi, lebih baik mendapatkan vitamin C dari buah-buahan untuk mengatasi bau mulut saat puasa.

Baca Juga : 20 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Mengagumkan

7. Minum Jus Apel, Wortel Dan Seledri

Jus Wortel

Jus Wortel (Foto : healthyfoodstyle.com)

Cara mengatasi bau mulut saat puasa yang ketujuh adalah dengan meminum jus apel, wortel, dan seledri. Ketiga jenis buah dan sayur ini ampuh melawan bau mulut. Anda bisa menggabungkannya menjadi jus. Pada dasarnya semua jenis buah dan sayur yang kaya serat dapat memerangi aroma mulut yang tidak sedap.

Plak terus berkembang di dalam mulut yang menimbukan aroma tidak sedap. Oleh karena itu, sebaiknya Anda makan makanan yang meningkatkan produksi air liur untuk menjaga mulut tetap lembab dan membersihkan area mulut.

Sayuran dan daun-daunan lain yang dapat menghilangkan bau mulut saat puasa antara lain timun rebus, daun peterseli, daun beluntas, dan daun kemangi. Selain terkenal sebagai makanan penghilang jerawat, Timun bila direbus juga bisa mendinginkan perut, sehingga bisa wangi mulutnya karena asam di lambung tidak naik. Daun peterseli mengandung senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri, sehingga dengan mengonsumsi daun ini, maka bau mulut bisa diatasi.

Campuran daun beluntas dengan kencur, dan bisa juga ditambah daun sirih, ternyata juga bagus untuk menjaga keseimbanga empedu dan liver, sehingga dapat menetralkan bau mulut. Apabila tak berhasil menemukan beluntas, bisa diganti dengan sirih yang memiliki efek hampir setara.

Daun kemangi dan selasih juga dapat diandalkan untuk mengurangi bau mulut. Hal ini karena daun kemani mempunyai efek aromatik. Selain itu kemangi dan selasih juga bisa mengurangi kontraksi otot perut dan usus.

8. Hindari Merokok Selama Sahur Dan Buka Puasa

dilarang-merokok

Foto : designbolts.com

Kurangi merokok atau tidak sama sekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa. Dengan tidak merokok, berarti Anda telah melakukan cara mengatasi bau mulut saat puasa yang efektif dan efisien.

Baca Juga : Tips Cara Menjaga Stamina Saat Puasa

9. Menghindari Makanan Lengket

cokelat

Foto : jtawellness.com

Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut. Menghindari makanan lengket termasuk salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa yang praktis dan mudah dilakukan.

10. Olahraga Ringan Dan Tidak Tidur Terlalu Lama

sepeda-santai

Bersepeda santai adalah salah satu olah raga ringan yang bisa dilakukan saat puasa (Foto : id.theasianparent.com)

Terakhir, cara mengatasi bau mulut saat puasa adalah berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Bagaimana? Mudah dan praktis bukan tips nya? Bila setelah melakukan cara-cara diatas, bau mulut Anda masih juga belum berkurang. Maka konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya. Sekian tips kesehatan dari nuansa pagi tentang faktor penyebab bau mulut saat puasa dan 10 tips cara mengatasi bau mulut saat puasa paling ampuh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*