Home » Kesehatan Tubuh » Kesehatan Kulit » Top 15 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Di Wajah

Top 15 Jenis Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Di Wajah

Makanan Penyebab Jerawat – Ini dia daftar makanan penyebab jerawat dan komedo di wajah yang wajib diwaspadai dan kalau perlu dihindari (read : dikurangi). Makanan memang dibutuhkan oleh tubuh, namun bila jumlahnya berlebihan justru akan berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Bahkan ada makanan tertentu yang bisa memicu munculnya jerawat di wajah mulus Anda.

Penyebab timbulnya jerawat di wajah memang ada berbagai macam faktor, seperti kebersihan, stres dan hormon. Namun demikian, makanan yang tidak sehat ternyata paling sering menjadi penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Oleh karena itu, diet makanan yang dapat menimbulkan jerawat merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan ampuh.

Jerawat terbentuk ketika folikel di bawah kulit tersumbat. Kebanyakan jerawat terbentuk pada wajah, leher, punggung, dada dan bahu. Jerawat dapat muncul pada kulit siapa pun, tetapi paling sering muncul pada kulit remaja dan dewasa muda. Nah, kira-kira apa saja ya jenis makanan yang menyebabkan jerawat dan komedo di wajah? Yuk, langsung aja simak ulasannya berikut ini.

Daftar Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Di Wajah

1. Makanan Berlemak Dan Makanan Yang Digoreng

Kentang-Goreng

Kentang Goreng (Foto : aopregister.com)

Makanan berlemak termasuk salah satu jenis makanan yang menimbulkan jerawat. Terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan menghambat transportasi oksigen dan nutrisi ke sel. Akibatnya, metabolisme terganggu sehingga kadar gula dalam darah akan mudah mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis. Pada saat terjadi peningkatan, kondisi ini dapat memicu munculnya jerawat.

Jenis minyak yang Anda konsumsi setiap hari memiliki dampak besar pada kesehatan kulit. Jika mengonsumsi lemak minyak tidak sehat secara teratur, tubuh akan dipaksa untuk menggunakannya untuk membentuk sel kulit baru. Sel-sel kulit tidak akan berfungsi dengan baik. Akhirnya, jerawat dan penyakit kulit lainnya dapat terwujud. Tak heran jika aneka jenis gorengan termasuk salah satu makanan penyebab jerawat meradang.

Contoh jenis makanan gorengan yang paling sering menyebabkan jerawat antara lain:

  • Kentang Goreng
  • Donat
  • Ayam Goreng
  • Makanan China Cepat Saji
  • Mozzarella Sticks

2. Susu Dan Produk Olahannya

Ilustrasi susu dan produk olahannya

Ilustrasi susu dan produk olahannya (Foto : ceritaperut.com)

Makanan pemicu jerawat berikutnya adalah susu dan produk olahannya. Kandungan lemak dalam susu dan produk olahannya sangat tinggi sehingga efeknya terhadap jerawat sama seperti makanan berlemak. Es krim, keju dan sejenisnya termasuk produk olahan susu yang sebaiknya dihindari oleh pemilik wajah berjerawat.

Selain itu, ada beberapa jenis susu yang diperah dari sapi betina yang sedang bunting. Jenis susu ini mengandung hormon tertentu yang di tubuh manusia akan diubah menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) penyebab jerawat.

3. Kafein

kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak mengandung kafein (Foto : m.tempo.co)

Kopi, teh, minuman bersoda dan beberapa jenis obat penghilang rasa nyeri merupakan makanan yang bisa menimbulkan jerawat. Hal ini karena makanan tersebut mengandung banyak kafein yang bisa memperparah jerawat. Salah satu efek karein adalah merangsang kelenjar adrenalin, sehingga bisa meningkatkan kadar stres yang merupakan salah satu faktor pemicu jerawat.

Efek samping kafein yang lain adalah gangguan tidur, yang juga bisa menjadi penyebab jerawat. Selain meningkatkan stres, kurang tidur juga menghambat proses pemulihan kondisi fisik dan mekanisme pembuangan racun yang terjadi di dalam tubuh.

4. Makanan Olahan (Makanan Dalam Kemasan)

makanan-olahan

Ilustrasi makanan olahan (Foto : wikikesehatan.com)

Sardin kalengan, baso awetan, sosis, nugget dan sejenisnya termasuk produk makanan olahan yang sering mengandung bahan tambahan termasuk pengawet. Bahan-bahan tersebut sulit dicerna oleh tubuh dan bisa memperparah radang pada jerawat yang sudah mengalami infeksi.

Saat sedang berjerawat, hindari mengonsumsi makanan olahan dalam kemasan dan kalengan. Sebab makanan jenis ini mengandung gula, garam, dan zat pengawet berlebih yang dapat menyebabkan lonjakan insulin dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Inilah alasan mengapa makanan olahan dan makanan dalam kemasan termasuk dalam ketegori makanan yang dapat menyebabkan jerawat.

5. Makanan Tinggi Gula

Makanan-Tinggi-Gula

Ilustrasi makanan tinggi gula (Foto : biftah.com)

Makanan dengan kadar gula yang tinggi juga masuk dalam daftar makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat. Jika Anda tidak ingin punya wajah berjerawat maka sebaiknya membatasi konsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung gula. Peningkatan kadar gula darah mempengaruhi kondisi hormonal yang pada akhirnya mengganggu fungsi kelenjar minyak di permukaan kulit.

Secara alami, gula terdapat di hampir semua makanan termasuk buah-buahan. Namun selama buah-buahan itu dimakan mentah-mentah, jenis gula yang dikandungnya adalah gula kompleks berupa serat dan karbohidrat yagn tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah.

Gula-gula tersebut baru akan menjadi masalah bagi jerawat jika sudah berubah ke bentuk yang lebih sederhana, melalui proses pengolahan. Gula pasir merupakan bentuk gula sederhana yang memicu jerawat dan banyak dipakai dalam permen maupun berbagai jenis kue.

Tahukah Anda bahwa gula adalah racun bagi tubuh dan secara langsung atau tidak langsung dapat menyebabkan jerawat. Gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri, yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Gula juga mengganggu penyerapan kalsium dan magnesium, yang merupakan mineral penting untuk kulit yang optimal. Selain itu, gula menyebabkan hilangnya elastisitas jaringan dan fungsi. Nah, jadi jelas bukan mengapa makanan berkadar gula tinggi termasuk jenis makanan yang menyebabkan jerawat tumbuh. Bahkan mungkin mungkin juga bisa berperan sebagai penyebab jerawat batu lho.

Contoh makanan tinggi gula penyebab jerawat adalah:

  • Permen
  • Soda
  • Es krim
  • Coklat
  • Biskuit
  • Sereal

6. Makanan Tinggi Karbohidrat

roti-putih

Ilustrasi roti putih (Foto : ncc-indonesia.com)

Karbohidrat yang paling penting adalah glukosa, gula sederhana (monosakarida) yang dimetabolisme oleh hampir semua organisme. Semua karbohidrat akhirnya diubah menjadi glukosa, yang kemudian diubah menjadi glikogen untuk penyimpanan dalam tubuh.

Yang penting untuk disadari adalah tubuh manusia membutuhkan hanya sejumlah tertentu dari glukosa agar berfungsi dengan baik. Ketika Anda makan karbohidrat lebih dari yang tubuh butuhkan, maka masalah kesehatan seperti diabetes dan jerawat dapat terwujud.

Berikut makanan tinggi karbohidrat yang termasuk jenis makanan penimbul jerawat bila dimakan berlebihan:
1. Beras putih
2. Pasta
3. Roti putih

7. Fast Food (Makanan Cepat Saji)

makanan penyebab jerawat dan komedo di wajah

Ilustrasi Fast Food salah satu makanan penyebab jerawat dan komedo di wajah (Foto : technobuffalo.com)

Memang tak salah kalau makanan cepat saji atau fast food disebut junk food (makanan sampah). Pasalnya makanan ini memang tidak mengandung nilai gizi. Kemungkinan besar fast food diolah dari karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi, gula, dan produk olahan susu yang semuanya bisa memicu jerawat.

Selain itu karbohidrat yang mengalami proses pengolahan berkali-kali dalam fast food juga bisa membuat jerawat Anda semakin parah. Nah, jadi mulai sekarang Anda harus mengurangi konsumsi makanan penyebab jerawat di muka yang satu ini, bila jerawat Anda tak mau terus meradang dan muncul.

8. Daging Dan Telur Ayam Broiler

telur-ayam

Ilustrasi telur ayam broiler (Foto : disperindag.jabarprov.go.id)

Daging dan telur ayam broiler juga termasuk makanan yg menimbulkan jerawat bila dikonsumsi secara berlebihan. Sama seperti susu, telur non-organik juga berasal dari unggas yang disuntikkan hormon, sehingga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh jika dikonsumsi.

Ayam ini juga disuntikkan antibiotik yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri dalam usus. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Gut Pathogen pada tahun 2011, bakteri usus ini bisa jadi memainkan peran penting dalam munculnya jerawat.

9. Alkohol

Minuman-Beralkohol

Ilustrasi minuman beralkohol (Foto : health.liputan6.com)

Alkohol selain tidak diperbolehkan karena sering disalahgunakan, ternyata alkohol juga berdampak jelek bagi tubuh, selain membuat kesadaran seseorang berkurang, alkohol juga membuat tubuh mengalami dehidrasi dan membuat kulit menjadi kering, sehingga saat kondisi kulit telah kering jerawat lebih cepat muncul.

10. Makanan Pedas

makanan-pedas

Ilustrasi makanan pedas (Foto : makanajib.com)

Makanan pedas ternyata masuk dalam daftar makanan penyebab timbulnya jerawat dan komedo di wajah. Sebagian orang mengatakan, makanan tak pedas itu hambar dan tak sedap. Namun mengkonsumsi berlebihan makanan pedas bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan Anda.

Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan sensasi peradangan di saluran pencernaan Anda, dan menimbulkan jerawat pada kulit. Makanan pedas juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah, yang bisa membuat wajah menjadi kemerahan.

Oleh karena itu, orang yang bermasalah dengan jerawat harus menghindari makanan pedas atau menguranginya, serta melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit. Disarankan untuk mengendalikan atau mengobati jerawat pada tahap awal. Jerawat bisa disembuhkan dengan cara membersihkan pori-pori, atau menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.

11. Minuman Bersoda

minuman-bersoda

Ilustrasi minuman bersoda (Foto : saransehat.com)

Soda sangat menciptakan inflamasi pada tubuh Anda, karena bahan minuman segar ini mengandung aspartame yang dapat meningkatkan jerawat. Soda bisa menurunkan tingkat pH, sehingga dapat menyebabkan jerawat.

12. Garam

garam

Ilustrasi garam (Foto : fyi.uwex.edu)

Mengkonsumsi garam secara berlebih akan membuat tubuh menahan banyak air, akibatnya terjadi peradangan kulit, membuat warna kulit tidak merata dan menyebabkan bercak-bercak pada kulit. Solusi yang tepat adalah untuk tidak mengkonsumsi garam secara berlebih.

13. Aneka Jenis Kerang

Kerang

Kerang (Foto : kkpnews.kkp.go.id)

Jenis makanan seafood ini biasanya memiliki banyak nutrisi dan vitamin, tetapi siapa sangka makanan yang berjenis kerang-kerangan berdampak negatif pada kulit. Jenis kerang-kerangan bila dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang, akan membuat kulit rusak secara perlahan.

Tak heran jika aneka jenis kerang masuk dalam daftar makanan yang memicu jerawat dan komedo diwajah bila dikonsumsi secara berlebihan. Sebagai solusinya, jangan jadikan kerang-kerangan sebagai menu keseharian Anda, dan sayuran adalah pilihan yang tepat sebagai penggantinya.

14. Mie Instan

Mie-Instan

Mie Instan (Foto : tips-cara.info)

Mie Instan termasuk salah satu makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Terlalu banyak mengkonsumsi mie instan sangat berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Hal ini karena mie instan merupakan makanan praktis yang sangat tidak sehat bagi tubuh manusia. Mie Instan ini juga merupakan makanan penyebab utama munculnya jerawat karena mengandung terlalu banyak protein dan minyak jenuh.

Jika memang Anda suka makan mie instan maka sebaiknya buanglah minyak yang ada pada kemasan sehingga Anda terhindar dari potensi timbulnya jerawat yang berlebihan. Kalau misalkan terpaksa harus makan mie instan, maka sebaiknya disertai dengan sayur hijau yang cukup banyak.

Namun cara yang paling ampuh untuk mencegah semua ini adalah untuk tidak makan mie instan. makanlah makanan yang sehat semisal nasi, sayuran, buah buahan dan beberapa makanan alami lainnya karena ini justru jauh lebih sehat daripada Anda makan junk food seperti mie instan tersebut.

15. Olahan Buah Kelapa Dan Kacang-Kacangan

Kacang-Tanah

Kacang Tanah (Foto : fahmi-artcolection.blogspot.com)

Semua makanan yang mengandung kelapa berpotensi sebagai makanan yg bisa menimbulkan jerawat. Jadi Anda harus lebih berhati hati dalam mengkonsumsi makanan yang bersantan maupun yang berbahan dasar Kelapa dan sejenisnya.

Beberapa makanan yang mengandung bahan kelapa misalnya aneka sayur santan, gudeg, es kelapa, gethuk jawa, surabi atau berbagai macam jenis lainnya. Jika Anda memang suka makanan-makanan itu sebaiknya aturlah pola makan Anda sehingga tidak terlalu sering mengkonsumsi masakan tersebut.

Para ahli percaya bahwa semua jenis kacang kacangan mengandung banyak minyak yang dapat berpotensi menimbulkan jerawat. Namun ada salah satu jenis kacang yang lebih fatal dan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan khususnya untuk orang yang berjerawat yaitu kacang tanah.

Kacang jenis ini sangat cepat untuk meningkatkan potensi menyebarnya jerawat di kulit muka Anda. Apalagi jika Anda merupakan pemilik kulit sensitif yang sangat mudah untuk di tumbuhi jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari segala camilan atau olahan yang berbahan dasar kacang tanah semisal selai kacang, kacang godok, kacang goreng, kacang bawang atau semua jenis olahan kacang lainnya.

Nah, itu dia aneka makanan yang mengakibatkan jerawat dan komedo, cukup jelas bukan? Yang terpenting adalah Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Sekian info kesehatan kali ini, bagi Anda yang punya info tentang makanan penyebab jerawat dan komedo di wajah yang lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>